Sabtu, 04 Juni 2016

Faktor-Faktor IMK


A.    Faktor Manusia (Pengguna)
Tiga faktor utama sistem komputer, yaitu: Hardware, software, dan Brainware. Ketika membangun IMK, aspek manusia harus terpikirkan dengan matang tidak hanaya memikirkan aspek teknis dari sistem komputer saja, namun bagaimana manusia menangkap data/ informasi, bagaimana memproses dan mengolah data yg telah di tangkap.
Manusia di pandang sebagai sistem pemrosesan informasi
  Ø  Informasi/data ditangkap melalui sistem input – output (indra)
  Ø  Informasi disimpan dalam ingatan (memori)
  Ø  Informasi diolah dan diaplikasikan dalam berbagai cara
Kapasitas manusia dalam mengolah data/informasi memiliki reaksi yg  berbeda-beda satu dengan yg lainnya. Maka faktor inilah yg harus di perhatikan adalah dalam merancang interface.
       B.     Saluran Input dan Output
Indra yg berhubungan dengan IMK adalah:
      
1    1.      Indra Penglihatan
        Beberapa hal yg mempengaruhi mata menangkap data/informasi
·         Luminous (Luminance)
·         Kontras
·         Kecerahan
·         Sudut dan ketajaman penglihatan
·         Medan penglihatan
·         Warna (aspek, psikologi, Rerceptial, Kognitif)
       
2     2.      Indra Pendengaran
·         Suara adalah salah satu elemen untuk penyebaran informasi yg secara lengkap lewat  proses pendengaran
·         Manusia mampu mendengar lewat getaran dan gelombang yg dimediasi oleh udara.
·         Batas pendeteksian suara oleh manusia adalah 20 hertz sampai dengan 20 kilohertz.
       
3     3.      Indra Sentuhan
·         Kulit adalah indra yg dimiliki manusia yg berfungsi untuk mengenali lingkungan dari sentuhan
·         Sentuhan dikaitkan dalam bentuk media input maupun output
·         Feedback sentuhan tidak dijadikan aspek penyajian pengolahan informasi tetapi lebih sebagai perangkat pendukung
  
  C.    Memori Manusia
 Memori manusia digunakan sebagai tempat penyimpanan informasi dan dapat disajikan dalam bentuk ingatan. Ada 3 jenis/fungsi memori, yaitu:
      1.      Tempat penyaringan (sensor)
      2.      Tempat memproses ingatan (memori jangka pendek)
      3.      Tempat memproses ingata (memori jangka panjang)
















Ket:
   ·         Iconic è Menerima rancangan penglihatan
       ·         Echoic è Menerima rancangan sentuhan
 ·         Haptic è Menerima rancanga pendengaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar